jump to navigation

tugas 1 (manajemen strategik) Februari 18, 2010

Posted by luqman hakim in tugas.
trackback

1. Contoh visi, misi dan tujuan

Sentul city

Visi :

“Menjadi Pengembang Panutan (Terbaik) karena Keterpaduan, Keindahan dan Kawasan Yang Ramah Lingkungan.”

Misi :

“Menyediakan fasilitas kehidupan yang berkualitas dan membuat orang senang, sehat, aman, dan damai.”

Tujuan :

“Menjadikan Sentul City sebagai Urban Development Project terbesar dan ekslusif di selatan kota Jakarta.”

2. Visi Sentul city termasuk sebagai visi strategik?

Menurut saya “Ya”. Jika dilihat dari penjelasan yang saya baca berdasarkan pemahaman yang diberikan dalam materi minggu pertama ini. Dalam penjelasan visi ini sentul city telah menggambarkan bahwa kondisi yang akan mereka kembangkan untuk bisnis  dibidangnya adalah kenyamanan, keamanan, dan ramah lingkungan. Jika dilihat dari keberadaan Sentul City, sebuah kota mandiri diwilayah Kabupaten Bogor yang mulai dikembangkan oleh para pendirinya sekitar tahun 1993 dengan lahan seluas 3100 hektar dengan tujuan menjadikan Sentul City sebagai Urban Development Project terbesar dan ekslusif di selatan kota Jakarta.

Sentul City menjadi tempat rekreasi dan pemukiman dengan suasana alam pegunungan yang memiliki keunggulan-keunggulan, seperti 65% arealnya merupakan ruang terbuka hijau, pemandangan 5 gunung/bukit, adanya hutan lindung Gunung Pancar seluas 417 hektar, udara bersih, kepadatan penduduk yang rendah, adanya air terjun alami serta persawahan yang sangat alami, serta dilengkapi sarana olah raga seperti lapangan golf, lapangan polo dan lain-lain.

3. Apakah pernyataan misi dapat menjawab pertanyaan pencapaian visi?

Menurut saya “Ya”. Karena dilihat dari berkembangnya bisnis tersebut meskipun telah banyak pesaing-pesaing yang muncul dalam dunia bisnis ini. Meskipun demikian sentul city tidak tinggal diam menghadapi persaingan yang akan dihadapi dengan cara menciptakan suatu penanganan atau solusi untuk menghadapi persaingan. Untuk meningkatkan daya saingnya, PT. Sentul City Tbk (Perseroan) melakukan repositioning dengan meluncurkan konsep pengembangan baru yang disebut The City of Ennovation sebagai suatu kota yang bervisi menghadirkan inovasi-inovasi baru berupa pengembangan produk dan fasilitas baru yang sesuai dengan potensi alamnya. Terutama perkembangan kota masa depan yang ditopang dengan 4 pilar pengembangan yaitu :

  • Eco City : yaitu pengembangan kawasan yang memperhatikan harmonisasi terhadap lingkungan sekitarnya dengan mengusung konsep green property.
  • Education & Knowledge City : yaitu pengembangan fasilitas edukasi, baik formal maupun non formal, dimana kelengkapan sarana pendidikan dari Play group hingga Universitas menjadi target utama.
  • Entertainment & Destination City : yaitu pengembangan kawasan wisata dan komersial terpadu, termasuk fungsi akomodasi didesain untuk menjadi tujuan wisata sekaligus fasilitas kota yang bertaraf International.
  • Art & Cultural City : yaitu pengembangan aspek seni dan budaya, melalui penyediaan sarana seperti taman budaya dan Sentul International Convention Center, Art & Galery market adalah salah satu sarana yang sedang direncanakan.

Kegiatan usaha utama Perseroan saat ini adalah pengembangan perkotaan (urban development), yang meliputi aktivitas pembangunan infrastruktur dengan segala fasilitasnya, menyediakan lahan siap bangun untuk Investor, pengembangan kawasan pemukiman, pembangunan gedung-gedung komersial dan non komersial, menyelenggarakan jasa yang berkaitan dengan / menunjang pembangunan kota tersebut.
Perseroan merencanakan pembangunan Kota Mandiri, yang terdiri dari perumahan, pekantoran, pertokoan, fasilitas rekreasi, rumah sakit, sekolah dan lain-lain yang dipandang perlu. Dalam menjalankan usahanya, Perseroan membeli tanah dan menyiapkannya menjadi lahan siap bangun, lengkap dengan infrastrukturnya. Pembangunan  dapat dilakukan Perseroan maupun Pihak lain. Sampai saat ini seluruh fasilitas sarana dan prasarana yang sedang dan akan dibangun masih dalam pengelolaan Perseroan dan seluruh ijin menjalankan kegiatan usaha masih dimiliki Perseroan, kecuali fasilitas Polo dan Equestrian yang dikelola oleh PT. Jakarta Polo dan Equestrian, Taman Budaya dan Rumah Makan Pancarsari yang dikelola oleh anak Perusahaan yaitu PT. Gununggeulis Elok Abadi.

4. Contoh Level-level strategi

Perusahaan dan Anak Perusahaan mengklasifikasikan dan mengevaluasi segmen usaha real estat menjadi segmen pelaporan utama. Segmen lainnya diklasifikasikan sebagai “Lain-lain” terdiri dari restoran, taman hiburan dan pengelolaan kota.

Segmen usaha dikelola oleh badan hukum yang terpisah karena masing-masing menawarkan jasa dan produk yang berbeda.

sumber : http://www.sentulcity.co.id

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: