jump to navigation

Etika Profesi Auditor September 24, 2009

Posted by luqman hakim in tugas.
trackback

ada salah satu pertanyaan yg menggugah dihati saya tentang etika auditor..

pertanyaannya adalah:

“bagaimana jika pada saat-saat tertentu seorang auditor mendapatkan sebuah bingkisan ataupun hadiah dari seorang kliennya?

bagaimanakah tindakan auditor tersebut?”

menurut saya, kita lihat dari apa itu etika profesi.

Sebagaimana dinyatakan Socrates bahwa yang dimaksud dengan tindakan etis adalah tindakan yang didasarkan pada nilai-nilai kebenaran. Benar dari sisi cara, teknik, prosedur, maupun dari sisi tujuan yang akan dicapai.

Dalam praktik hidup sehari-hari, teoritisi di bidang etika menjelaskan bahwa dalam kenyataannya, ada dua pendekatan mengenai etika ini, yaitu pendekatan deontological dan pendekatan teleological. Pada pendekatan deontological, perhatian dan fokus perilaku dan tindakan manusia lebih pada bagaimana orang melakukan usaha (ikhtiar) dengan sebaik-baiknya dan mendasarkan pada nilai-nilai kebenaran untuk mencapai tujuannya. Sebaliknya, pada pendekatan teleological, perhatian dan fokus perilaku dan tindakan manusia lebih pada bagaimana mencapai tujuan dengan sebaik-baiknya, dengan kurang memperhatikan apakah cara, teknik, ataupun prosedur yang dilakukan benar atau salah.

dari hal tersebut, menjelaskan tentang etika profesi.

untuk menjawab pertanyaan tersebut, menurut saya adalah tidak menjadi masalah tentang pemberian hadiah dari salah satu klien. karena hal tersebut tergantung dari niat dan tujuannya. jika niat baik dan tujuannya baik maka tidak ada salahnya menerima hadiah tersebut sebagai tanda rasa terima kasih atas kinerja yang telah diberikan.

tetapi lain halnya dengan pemberian hadiah dari niat dan tujuan yang buruk, seperti melakukan pemberian hadiah dengan maksud tertentu yang dapat merugikan orang lain ataupun perusahaan klien.

bagaimanakah menurut anda?

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: