jump to navigation

Efektivitas Pembangunan Website Mei 13, 2009

Posted by luqman hakim in mind.
trackback

Kita awali session ini dengan sebuah ungkapan sederhana : “Adalah mudah mencari uang secara online, jika Anda tahu apa yang sedang Anda lakukan.“ Masalah yang muncul kemudian adalah lebih dari 90% orang mencoba untuk mengadu peruntungannya secara online, padahal mereka belum tentu tahu apa yang mereka lakukan. Lebih buruk lagi 90% penjual di internet maupun para pembeli informasi pemasaran di internet juga tidak tahu apa yang mereka perbuat. Hal ini sama seperti ungkapan kuno “Jika seorang buta membimbing orang buta lainnya maka mereka berdua akan terperosok ke dalam parit.” Kondisi seperti ini sebenarnya sedang terjadi pada banyak pelaku bisnis di internet. Mereka mendapat bimbingan mengenai informasi dan teknik oleh pihak-pihak yang belum yakin akan hal yang sedang terjadi.

Dalam dunia internet, informasi dan teknologi yang berlaku 3 tahun, 1 tahun, atau 3 bulan yang lalu sudah dianggap usang dan tidak berlaku lagi. Internet adalah bisnis yang bergerak maju dengan sangat cepat. Jika tetap ingin selalu di depan, maka menjadi suatu keharusan untuk menyegarkan pengetahuan dengan selalu mengakses ke sumber-sumber informasi terbaru.

Teknik dan strategi dalam system bisnis online ini sangat penting untuk diketahui dan menjadi cara dalam pelaksanaan operasi bisnis online Anda.

  1. Membangun Site Bisnis

Ratusan artikel maupun buku mengenai teknik pemasaran di internet yang beredar dipasaran berisi bagaimana memulai sebuah bisnis yang dapat member keuntungan dalam satu malam. Saya berharap melalui halaman ini pembaca dapat mulai melihat beberapa teknik yang ada dan menjadikannya sumber informasi untuk bisnis baru Anda.

Salah satu tujuan dari buku ini adalah untuk menyediakan informasi yang singkat dan mengena, cocok untuk dijadikan pegangan praktis dan strategis.

  1. Bangun Unique Web Position dalam bisnis Anda. Apa hal yang paling unik dari produk atau layanan Anda ? Apakah lebih baik dari pesaing Anda atau sama dengan apa yang di tawarkan oleh produk orang lain ? Site online yang sukses tidak akan menyamakan seperti yang sudah ada. Site yang mampu untuk menang adalah yang memunculkan sisi unik dari target pasarnya.

  2. Unique Web Position lebih penting daripada copy iklan. Gabungan antara konsep dan UWP yang bagus akan selalu berhasil meskipun hanya ada copy iklan yang biasa-biasa saja.

  3. Jangan hanya menawarkan harga murah jika produk tidak menjual. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memasang harga tinggi pada produk yang di tawarkan. Hal ini terjadi karena Anda tidak memposisikan diri untuk mempersembahkan produk yang bernilai tambah kepada konsumen Anda. Tambahan bonus, lebih focus pada UWP dan lain sebagainya. Dengan kata lain, berikan selalu nilai tambah pada produk yang Anda tawarkan.

  4. Temukan pasar sebelum menciptakan produk. Orang yang memulai bisnis dengan sebuah produk baru kemudian mencari pasarnya, akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Temukan pasar yang penuh dengan orang-orang yang telah siap untuk membeli sesuatu. Kebanyakan yang pertama kali dicari oleh pengusaha sukses adalah pasar baru kemudian mengembangkan produk secara konstan dicari dan dibeli oleh konsumennya.

  5. Temukan kerumunan yang lapar. Semakin lapar pasar potensial akan produk Anda, kemungkinan untuk sukses akan selalu tersedia. Jangan habiskan waktu Anda untuk mengubah kebiasaan orang dalam membeli. Ciptakan dan temukan produk yang banyak dicari orang.

  6. Jangan coba-coba membuat pasar. Temukan pasar yang sudah ada. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menggambarkan siapa prospek Anda sebenarnya, maka Anda akan menghadapi cobaan berat dalam menjual produk Anda. Masukanlah ke pasar yang telah siap untuk membeli produk Anda.

  7. Testing adalah kunci keberhasilan. Sebuah iklan mungkin biasa bekerja 10 kali lebih efektif di banding dengan iklan lain yang hamper mirip untuk produk yang sama. Untuk itu, Anda harus selalu melakukan test untuk tajuk iklan, penawaran, jaminan, dan metode meningkatkan permintaan lainnya. Penjual yang paling sukses tidak selalu yang paling pintar. Mereka adalah yang selalu melakukan test untuk memperoleh metode yang paling baik tanpa pernah menyerah.

  8. Alasan melakukan iklan untuk meningkatkan penjualan. Sebuah usaha kecil tidak akan mampu untuk menganggarkan jutaan rupiah untuk belanja iklan, menciptakan brand name untuk website mereka. Sebagai contoh, banner iklan Anda harus di uji coba untuk meyakinkan bahwa setiap rupiah yang di keluarkan dapat meningkatkan keuntungan penjualan.

  9. Selalu ada biaya untuk sebuah iklan gratis. Sekecil apapun iklan yang Anda lakukan pasti akan menarik ongkos dari anggaran, entah dalam bentuk uang maupun waktu. Yakinkan bahwa semua ini dapat berjalan sesuai dengan harapan. Tidak ada satu pun yang Anda lakukan yang benar-benar gratis.

  10. Setiap aspek dari website dan pemasaran Anda harus di fokuskan pada menampilkan UWP Anda kepada konsumen. Apapun yang Anda lakukan harus selalu di fokuskan pada Unique Web Position Strategy. File Signature, tajuk, Order form, free report, iklan dan lainnya. Buatlah konsumen Anda selalu tahu apa yang membuat Anda berbeda dari pesaing Anda.

  11. Integrasikan yang Anda lakukan dalam satu strategy. Aktivitas yang bermacam-macam, free report dan iklan harus di fokuskan pada prospek yang sama dan secara terus menerus menggiring prospek kearah keputusan pembelian. Jangan memfokuskan pada bagaimana mendatangkan jutaan orang untuk mrngunjungi website Anda. Sepuluh orang prospek yang siap untuk membeli semua produk yang ditawarkan akan lebih berguna dibanding dengan jutaan orang yang hanya melihat-lihat saja.

  12. Rencanakan berbagai aliran pendapatan dimuka. Pada banyak kasus, 50%-90% atau lebih dari keuntungan bisnis internet di peroleh dari tambahan layanan. Jika Anda lalai member lebih dari satu jenis produk atau jasa Anda akan kehilangan sebagian besar keuntungan.

  13. Yakinkan Anda menyertakan barang bernilai tambah dalam keseluruhan strategy. Jika Anda menjual harga murah (harga barang dibawah Rp. 50.000) bukan barang konsumsi, Anda harus menambahkan niali pada barang tersebut. Akan lebuh mudah menjual sebuah barang berkualitas tinggi seharga 1 juta di banding menjual 50 barang seharga 50 ribu.

  14. Ciptakan wadah internet marketing milik sendiri. Strategy terbaik yang dapat melibatkan barang berkualitas rendah, sedang maupun tinggi secara bersama-sama adalah menyatukannya dalam sebuah wadah. Contoh, seorang konsultan dapat membuat buku untuk produk biasa, kursus pemasaran untuk penawaran medium. Kemudian untuk penawaran tertinggi dengan konsultasi yang sebenarnya sebagai core businessnya.

  15. Ambil pasar yang paling Anda sukai. Jangan mengambil pasar atau berdasarkan uang. Temukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai. Jika Anda bersemangat dengan pasar Anda, maka Anda akan menemukan cara yang mudah untuk menggelutinya sampai Anda mencapai kesuksesan.

  16. Selalu bersedia untuk berpikir diluar wilayah Anda. Bersedia untuk memandang dan berpikir di luar internet untuk memenukan ide-ide maupun stategi baru yang mungkin dapat membantu meningkatkan keuntungan. Jika sebuah teknik dapat membantu menaikan keuntungan secara off line, bias jadi di terapkan secara on line. Satu-satunya cara untuk mengetahui hal itu adalah dengan testing.

  17. Tidak ada teknik pemasaran yang benar-benar baru. Kita membicarakan tentang teknik terbaru, tetapi sebenarnya tidak ada teknik pemasaran yang benar-benar baru. Seseorang di industry yang berbeda mungkin telah mengunakannya. Jadi, tetaplah buka mata, buka telinga dimanapun Anda berada.

  18. Sifat manusia selalu sama. Kaidah dasar pemasaran yang sudah ada sejak 100 tahun yang lalu dan masih berfungsi sampai sekarang adalah sifat manusia tidak akan berubah. Contoh, konsumen akan lebih tertarik kepada dirinya sendiri dibanding dengan bisnis Anda. Orang masih menginginkan keuntungandasar bagi dirinya sendiri bukan orang lain.

  19. Temukan kesempatan yang paling mudah. Dengan pilih produk yang berbiaya 20 juta yang memakan waktu 2 tahun untuk selesai, terutama bila Anda sedang memulai sesuatu. Cari proyek yang hanya memakan waktu 1 bulan. Memang cukup melelahkan bila sedang memulai, namun pastikan Anda masih dalam jalur yang benar.

  20. Hindari tantangan ketika memilih bisnis. Tantangan yang sebenarnya akan muncul setelah Anda selesai mendirikan suatu proyek. Jadi, temukan proyek yang Anda yakin dapat diselesaikan dalam jangka waktu pendek. Kebanyakan pemula tidak pernah dapat menyelesaikan proyek yang memakan waktu lebih dari 1 bulan.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: