jump to navigation

BBM (Bahan Bakar Minyakkkk!!!!) Agustus 4, 2008

Posted by luqman hakim in berita.
trackback

Akhir-akhir ini muncul beberapa isu yang beredar di masyarakat akan adanya kenikan BBM, hal ini membuat kebingungan dan kepanikan, baik bagi sektor industri besar, menengah dan kecil. Akibatnya kenaikan harga akibat kepanikan tersebut mulai terasa.

Seharusnya dalam masalah harga, terutama BBM pemerintah harus segera bertindak tegas,bukan lagi dengan mencoba melihat reaksi dulu baru mengambil tindakan, karena pasar akan memandang hal ini sebagai ketidak pastian.

Ada beberapa skenario dalam kenaikan BBM khusus kendaraan yang dapat diambil oleh pemerintah:

1. Menaikkan harga BBM, kecuali untuk kendaraan umum, angkutan barang dan jasa. Karena merupakan alat transportasi, sehingga ongkos transportasi tidak perlu naik. Pengusaha juga tidak mempunyai alasan untuk menaikkan harga karena biaya transportasi , bahan baku dan distribusi tetap.

2. Penggunaan smartcard dengan batasan motor 0,5-1 liter/hari dan mobil 4-5 liter BBM yang di subsidi perhari perkendaraan, seperti yang telah dihembuskan oleh pemerintah. Dalam hal ini berarti menyamaratakan semua kendaraan. Selain tidak akan berhasil menahan lonjakan penumpang dan akan berdampak pada kenaikan harga juga. Namun dianggap cukup besar dana APBN yang akan dihemat dalam langkah ini

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: